Cara Membantu Mengurangi Gejala Sakit Maag

sakit-maag-akut

Cara Mengurangi Sakit Maag Sebagian besar kasus penyakit yang sekarang ini dialami adalah penyakit maag  atau tukak lambung. Secara umum penyakit tersebut dapat terjadi pada semua usia mulai dari anak-anak, dewasa hingga lanjut usia.

Kalangan anak-anak yang mengidap keluhan sakit maag akan berdampak buruk pada kondisi kesehatannya.  Jadi dalam hal ini penting sekali membahas tentang metode pencegahan sakit maag semenjak dini.

Masih banyak orang yang tidak mengetahui akan pentingnya menjaga pola makan yang teratur dan seimbang. Sebab sakit maag memang selau dikaitakan pada pola makan yang buruk sehingga mengganggu sistem pencernaan.

Organ lambung sebagai wadah asam lambung panas yang berperan penting dalam proses pencernaan. Jadi dalam hal ini jika terjadi infeksi berupa luka pada dinding lambung tentunya akan memicu sakit maag.

Apabila penyakit maag tidak diakibatkan oleh infeksi bakteri dan virus, maka bisa saja asam lambung naik ke esofagus akibat kelebihan zat asam lambung dan menurunnya beberapa fungsi lambung secara menyeluruh.

Faktor pemicu asam lambung adalah asupan zat makanan yang kurang baik untuk kesehatan lambung seperti makanan pedas, zat berkafein, soda, alkohol, makanan pedas dan asap rokok.

Prihal mengenai beberapa cara atau metode untuk mengurangi gejala sakit maag pada semua usia diantaranya :

Penyakit maag akan memicu pengidap tidak selera makan, terjadi luka pada dinding lambung, memicu rasa nyeri pada ulu hati, mual, muntah dan pusing.  Selain itu penyakit maag juga bisa mengakibatkan penglihatan buram seolah-olah jatuh pingsan, berkeringat dingin dan sembelit.

Berikut di bawah terdapat beberapa cara yang dapat membantu mengurangi sakit maag pada semua usia antara lain :

■ Memperbanyak minum air putih

Mungkin cara ini memang terbilang mudah, tetapi sebagian besar tidak paham tentang pentingnya konsumsi air minum yang cukup. Jadi jika anda sering mengalami maag kronis atau akut apa salahnya untuk mengonsumsi air minum setiap hari.

■ Istirahat yang cukup

Cara agar membantu meredakan sakit maag adalah istirahat  yang cukup, mengatur pola makan sehingga tidak sarapan berlebihan.

■ Kurangi asupan obat ibuprofen dan aspirin

Kedua obat tersebut sebenarnya memicu reaksi asam lambung naik. Jadi jika anda khususnya kalangan dewasa yang sering konsumsi obat ini segeralah membatasinya.

■ Tidak mengonsumsi kopi dan zat kafein lainnya

Kopi memiliki senyawa kafein yang bereaksi pada peningkatan asam lambung. Jadi disarankan jika hendak konsumsi kopi maka jalan terbaik adalah kopi herbal yang di minum setelah sarapan.

■ Konsumsi makanan bergizi

Maag di kaitkan dengan telat makan atau makan makanan yang kurang sehat bagi kesehatan lambung. Jadi dalam hal ini perlu kecukupan nutrisi yang seimbang dan bergizi tinggi agar memperoleh kesehatan dan tingkat imunitas yang kuat.

Demikian beberapa ulasan tentang cara membantu mengurangi gejala sakit maag yang umum terjadi pada semua usia. Semoga bahasan yang di buat kali ini dapat bermanfaat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s